RANCANGAN AKSI NYATA MODUL 3.1
PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN
Puryanti
CGP Angkatan
4 Kabupaten CIlacap
Propinsi
Jawa Tengah
Latar
Belakang
Demonstrasi Kontekstual adalal awal dari rancangan
aksi nyata modul 3.1. Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Calon
Guru Penggerak meandapatkan tugas untuk menyusun portofolio aksi nyata modul
3.1. dengan menggunakan metode refleksi; facts (peristiwa), feeling (perasaan),
finding (pembelajaran), dan future (penerapan di masa depan).
Pengambilan keputusan adalah sebuah hal penting bagi
setiap pemimpin pembelajaran. Seorang Calon Guru Penggerak harus bisa
menyampaikan hal ini terhadap kepala sekolah dan seluruh guru di instansi saya.
Kenyataan yang masih terjadi adalah
masih terdapat guru yang belum memahami antara bujukan moral dan dilemma etika.
Selain itu, kebanyakan guru yang belum mengetahui sekaligus memahami terkait empat
paradigma dilemma etika, tiga prinsip resolusi, dan sembilan langkah
pengambilan keputusan dan pengujian keputusan yang diambil. Dengan demikian,
ada kalanya keputusan yang diambil sebenarnya masih belum tepat manakala disandingkan
dengan penerapan sembilan langkah tersebut. Berdasarkan hal ini, saya selaku Calon
Guru Penggerak berusaha menyusun langkah strategis guna penyelesaian hal tersebut
dalam sebuah rancangan aksi nyata.
1. Melakukan koordinasi dengan kepala sekolah selaku atasan/pimpinan di tempat tugas dan menyampaikan terkait konsep empat paradigma dilemma etika, tiga prinsip resolusi, dan sembilan langkah pengambilan keputusan dan pengujian keputusan yang diambil.
2. Mengusulkan untuk menyelenggarakan In House Training untuk melakukan sosialisasi konsep di atas kepada para dewan guru di sekolah
3. Melakukan sesi berbagi secara interaktif sekaligus diskusi dengan rekan teman sejawat dalam komunitas praktisi untuk menggali kasus-kasus terkini yang memunculkan dilemma etika
4. Melakukan sesi diskusi dengan rekan teman sejawat untuk melakukan analisa terhadap kasus yang tergali dengan penerapan sembilan langkah pengambilan keputusan dan pengujian keputusan yang diambil.
Tujuan
Tujuan aksi nyata yang dilakukan adalah:
1. Adanya koordinasi antara Calon Guru Penggerak dengan Kepala Sekolah sebagai pimpinan/ atasan langsung
2. Terselenggaranya In House Training untuk sosialisasi materi modul 3.1.
3. Adanya jalinan komunikasi dan koordinasi secara baik antara Calon Guru Penggerak dengan rekan teman sejawat khususnya dalam komunitas praktisi yang telah terbentuk dan tersusun kasus-kasus yang terjadi di sekolah yang memunculkan dilemma etika
4. Tersusunnya materi atau bahan desiminasi terkait dengan analisa kasus-kasus di sekolah dan terdapat forum berbagi dengan rekan teman sejawat dalam komunitas praktisi khususnya dan di sekolah pada umumnya baik secara langsung ataupun melalui media sosial/group whatsapp.
Hasil Aksi Nyata
Facts (Peristiwa)
1. Pada hari Rabu,
27 April 2022 pukul 08.50 WIB, Calon Guru Penggerak melakukan koordinasi dengan
kepala sekolah selaku pimpinan/atasan langsung dan menyampaikan tentang
pembelajaran terkait materi modul 3.1. Pengambilan keputusan sebagai pemimpin
pembelajaran. Koordinasi dilakukan di ruangan kepala sekolah.
2. Pada hari Kamis, 28 April 2022, pukul 11.00 WIB hingga 14.00 WIB diadakan In House Training setelah selesainya Rapat Kelulusan kelas XII tahun ajaran 2021/2022 di Ruang Serbaguna di sekolah.
3.
Belum terlaksana
(karena libur akhir Ramadhan Hari Raya Idul Fitri)
4.
Belum terlaksana
(karena libur akhir Ramadhan Hari Raya Idul Fitri)
Feelings
(Perasaan) yang Dialami
Perasaan yang dialami oleh Calon Guru Penggerak dalam rancangan
aksi nyata yang sebagian telah terlaksana ini adalah lega dan bahagia bisa
melakukan koordinasi dengan kepala sekolah serta memperoleh dukungan baik dari kepala dari
beliau untuk melakukan kegiatan sosialisasi terkait materi modul 3.1. Pengambilan
keputusan sebagai pemimpin pembelajaran kepada rekan guru di sekolah. Calon Guru
Penggerak juga merasa bersyukur berhasil melakukan sesi berbagi bersama rekan
teman sejawat/ semua guru di komunitas sekolah dalam forum In House Training yang
terselenggara setelah diadakan rapat kelulusan kelas XII tahun ajaran 2021/2022
pada hari Kamis, 28 April 2022.
Finding
(Pembelajaran)
Pembelajaran yang didapat oleh Calon Guru Penggerak
dalam rancangan aksi nyata yang telah terlaksana sebagian ini adalah sebagai
seorang guru sangatlah penting untuk terus menjalin komunikasi dan koordinasi
dengan kepala sekolah sebagai pimpinan/atasan langsung. Seorang guru juga perlu
terus menjalin komunikasi dan kolaborasi dengan rekan teman sejawat demi
memajukan pendidikan dan menyelenggarakan pembelajaran yang berpihak pada murid
serta berhasil dalam menghasilkan keputusan yang tepat dan efektif sebagai pemimpin
pembelajaran. Hal lain yang didapat oleh Calon Guru Penggerak dalam aksi nyata
kali ini adalah seorang guru harus terus belajar tiada henti untuk selalu mengembangkan
diri, meningkatkan kompetensi, dan pada akhirnya memfasilitasi pembelajaran terbaik
untuk peserta didik.
Future
(Penerapan di Masa Depan)
Sebagai seorang Calon
Guru Penggerak, saya akan terus belajar agar bisa mengembangkan diri,
meningkatkan kompetensi, dan memfasilitasi pembelajaran terbaik untuk para
peserta didik. Sebagai seorang guru pada umumnya, saya akan selalu berusaha
menerapkan semua konsep dan pengetahuan yang diperoleh khususnya terkait empat
paradigma dilemma etika, tiga prinsip resolusi, dan penerapan sembilan langkah pengambilan
keputusan dan pengujian keputusan yang diambil. Selanjutnya harapan terbaik
adalah bahwa keputusan yang saya ambil akan selalu bersifat efektif dan menjadi
yang paling tepat sesuai dengan kasus atau permasalahan yang dihadapi.