MINGGU1 MINGGU2 MINGGU3 MINGGU4 MINGGU5 MINGGU6 MINGGU7 MINGGU8 MINGGU9 MINGGU10 MINGGU11 MINGGU12 MINGGU13 MINGGU14 MINGGU15 MINGGU16 MINGGU17 MINGGU18 MINGGU19 MINGGU20 MINGGU21 MINGGU22 MINGGU23 MINGGU24 MINGGU25
MINGGU 1
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sebagai Calon Guru Penggerak, pada hari Kamis tanggal 14 Oktober 2021, saya mengikuti pembukaan Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4 secara serentak bersama Mendikbud dan Dirjen GTK yang diselenggarakan melalui video conference. Pada hari yang sama pula, saya mulai membuka LMS untuk mengikuti pre-test. Dan dari 17 soal pilihan ganda ditambah 3 soal menjodohkan, yang isinya berkaitan erat dengan prinsip-prinsip pemikiran Ki Hajar Dewantara mengenai pendidikan dan penumbuhan budi pekerti, saya hanya memperoleh nilai 45. Mungkin lumayan, tapi persentase yang sangat kecil dalam saya memahami pemikiran Kihadjar Dewantara, padahal saya adalah seorang pendidik.
Pada hari Selasa, 19
Oktober 2021, saya dan rekan lain yang satu kabupaten mengikuti sesi ruang
diskusi dengan instruktur Purnama Sari Palupessy. Di dalam ruang diskusi
tersebut, instruktur menyampaikan presentasinya mengenai konsep pemikiran Ki
Hajar Dewantara mengenai mendidik anak. Titik berat pembahasan adalah pada
“menuntun anak untuk selamat dan bahagia”. Terdapat sesi penyampaian pendapat
dari peserta, sesi tanya jawab, dan juga pembahasan. Instruktur juga mengajak semua
peserta untuk melakukan refleksi apa yang sudah dilakukan oleh peserta selama
ini. Apakah suudah sesuai dengan konsep pemikiran Ki Hajar Desantara atau
belum. Sesi diakhiri dengan sebuah refleksi yang dilakukan oleh setiap peserta
untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan instruktur yang ditampilkan dalam padlet.
Satu lembar demi satu
lembar halaman Modul 1.1. mulai saya pelajari. Saya mulai dari diri sendiri
untuk melakukan refleksi diri tentang filosofi pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
Dalam sesi modul 1.1.a.3 ini setiap peserta menuliskan hasil refleksinya
terkait konsep pemikiran Ki Hadjar mengenai pendidikan dan pengajaran, relevansinya
dengan kontakes pendidikan sekarang ini, serta harapan-harapan peserta setelah
mempelajari modul. Pada 1.1.a.4. peserta melakukan eksplorasi konsep dilanjukan
dengan ruang kolaborasi perdana dimana terdapat kelompok diskusi baru yang
harus mendesain kerangka pembelajaran sesuai pemikiran Ki Hadjar. Dan ini
adalah sesi di akhir minggu pertama ini.
Perasaan “wow” seperti muncul dalam diri saya. Saya tersadar akan kekurangpahaman terhadap konsep pendidikan Ki Hadjar. Saya merasa bahwa selama ini betul saya sudah melakukan sebagian ajaran Ki Hadjar, namun belum sepenuhnya. Bahkan saya merasa masih banyak yang harus saya perdalam lagi. Yang membuat kesadaran saya ini adalah ternyata saya selama ini masih belum maksimal dalam “menuntun” anak didik. Karena sebaik-baiknya menuntun adalah ikhlas dan tak kenal lelah. Sedangkan saya sekarang ini mengajar 12 rombongan belajar atau 12 kelas. Dan masing-masing kelas terdapat 36 siswa. Berarti saya mengajar 432 siswa. Hal ini yang mungkin membuat saya kurang dalam menuntun anak.
Dengan mempelajari Sebagian dari Modul 1 ini saja, saya telah memperoleh hal baru dan pemikiran baru, hasil dari refleksi. Hal baru yang dimaksud yakni bahwa pendidik harus menuntun anak didik dengan tanpa henti untuk mengembangkan apa yang menjadi kodrat alam dia, dan menyesuaikan diri dengan kodrat zamannya demi mencapai selamat dan bahagia. Dikarenakan anak didik telah memiliki kodrat alam masing-masing, mereka memerlukan kemerdekaannya dalam belajar. Mereka juga memerlukan permainan dalam belajar, dan tidak boleh dipaksakan. Belajar harus bahagia dan untuk mencapai lebih bahagia.
Tentunya kesadaran saya akan hal tersebut membuat saya semakin semangat untuk mempelajari modul-modul berikutnya dalam program pendidikan Guru Penggerak ini. Tak terkecuali mengikuti sesi-sesi berikutnya dalam pelatihan ini. Saya bertekad untuk memahami dasar-dasar filosofis pemikiran Ki Hadjar, sekaligus mengimplementasikannya dalam pembelajaran di kelas dan di sekolah tempat saya mengajar. InsyaAllah. Bismillah.
To be continued to MINGGU 2