Sebuah Catatan Guru Penggerak

Sabtu, 11 Desember 2021

MINGGU 8


Rangkaian MERRDEKA modul 1.4. ini diawali di hari Selasa, 7 Desember 2021.

Pada hari Selasa, 7 Desember 2021, sebelum sesi Mulai dari Diri peserta mendapatkan surat dari instruktur sebagai pengantar pembelajaran tentang Budaya Positif, yang tertuang dalam sebuah video oleh C. Sri Indah Gunarti, M. Psi, Psikolog.


Pada sesi Mulai dari Diri di hari Selasa. 7 Desember 2021, peserta diberi 4 pertanyaan, diantaranya

1. Apa urgensi dari menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah Anda?

2. Bagaimana Anda sendiri sebagai seorang pendidik dapat menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah Anda selama ini?

3. Apa hubungan antara menciptakan suasana yang positif dengan proses pembelajaran yang berpihak pada murid?

4. Bagaimana penerapan disiplin saat ini di sekolah Anda, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang menurut Anda masih perlu dikembangkan?

Selain 4 pertanyaan di atas, peserta juga melakukan refleksi, menyampaikan harapan, dan juga ekspektasi.

 

Rabu dan Kamis,  8, 9 Desember 2021, peserta masuk ke Eksplorasi konsep secara mandiri dan asinkron. Para peserta disajikan 18 halaman yang berisi tentang (1) Perubahan Paradigma dari Stimulus respon ke teori kontrol, (2) Arti disiplin dan motivasi perilaku manusia, (3) Keyakinan kelas, hukuman, dan penghargaan, (4) Kebutuhan dasar manusia, (5) Posisi kontrol, dan (6) Segitiga restitusi. Peserta membaca dan saling berkomentar terkait dengan hal-hal yang ditanyakan kepada anggota, dan juga argumentasi yang diberikan.

Jumat, 10 Desember 2021, peserta masuk pada Ruang Kolaborasi, dimana beberapa peserta dalam kelompoknya masing-masing diberikan satu kasus untuk dianalisa secara mendalam.

Dari mulai hari Selasa hingga Jumat di minggu ini, saya banyak sekali terkendala dengan penyesuaian waktu untuk mengikuti program pendidikan Guru Penggerak dengan menjalankan tugas dan kewajiban saya sebai guru. Di dalam minggu ini, sekolah menyelenggarakan kegiatan IHT tentang penilaian dan penggunaan e-learning sekolah yang wajib diikuti oleh semua guru. Saya juga mencoba membuka ruang diskusi positif dengan kepala sekolah dan Waka Kurikulum untuk prakarsa perubahan pelaksanaan pembelajaran proyek dan mengusulkan adanya penggalian bakat minat, dan potensi peserta didik di awal tahun ajaran. Di minggu ini pula saya mencoba melangkah untuk menjalin kolaborasi dengan beberapa rekan untuk menggerakkan komunitas praktisi di luar sekolah dengan melakukan kerjasama dengan KKG guru SD di kecamatan tempat saya tinggal. Minggu benar-benar hurly-burly bagi saya.

Yang saya rasakan dari pembelajaran MERRDEKA di minggu ini adalah lumayan lelah secara fisik, namun terpuaskan karena mendapatkan ilmu yang baru terkait dengan teori-teori psikologi yang penting dan berkaitan dengan pembudayaan disiplin secara positif di kelas dan sekolah. Namun untuk memahami teori-teori tersebut pun bukan hal yang mudah dan membutuhkan waktu, sehingga pada akhirnya saya mengalami keterlambatan dalam mempelajari secara keseluruhan.

Perasaan lain yang saya rasakan adalah lega karena saat saya membuka ruang diskusi bersama kepala sekolah dan WaKa Kurikulum terkait dengan Prakarsa perubahan penerapan pembelajaran proyek dalam pembelajaran dan penggalian potensi, dan bakat minat anak di awal tahun ajaran mendapatkan respon yang baik. Dan sekolah bermaksud untuk melaksanakannya dan sekaligus mengacu pada kurikulum prototipe yang baru diluncurkan oleh Kemdikbud.

Dari serangkaian kegiatan yang saya lalui di alur MERRDEKA minggu ini saya mendapatkan ilmu baru terkait dengan control theory, keyakinan kelas, arti disiplin, posisi kontrol, dan segitiga restitusi. Semua hal tersebut adalah hal baru yang belum pernah saya ketahui sebelumnya.

Langkah berikut yang akan saya lakukan adalah melanjutkan Langkah minggu ini. Minggu besok di sekolah akan diselenggarakan IHT kembali dalam rangka persiapan untuk pelaksanaan dari Prakarsa perubahan yang saya usulkan kepada kepala sekolah dan Waka kurikulum. Saya juga akan melanjutkan langkah perjuangan untuk berkolaborasi dengan KKG di kecaamatan tempat saya tinggal untuk menginisiasi kegiatan pembelajaran bersama bagi guru-guru SD di kecamatan tempat saya tinggal. Bismilllah.


To be continued to MINGGU 9